Diberdayakan oleh Blogger.

Translate

VENTURI

Minggu, 30 Oktober 2011

Tipe konstruksinya ditentukan oleh diameter dalam minimum saluran masuk dan dengan volume silinder mesin.

Mesin dengan volume silinder 1,5 liter (1500cc), diameternya sekitar 34 - 36 mm, dan mesin dengan isi silinder 6 liter, biasanya berdiameter 54 mm.

Sebagaimana ditunjukkan dalam persamaan berikut, kevakuman dibangkitkan dalam venturi berubah-ubah tergantung dari putaran/rpm mesin dan secara tidak langsung terhadap luas area venturi yang dilalui oleh udara. 
ΔP = kevakuman pada venture (mm H2O)
V   = volume silinder total (cm3)
 n  = putaran mesin (rpm)
A   = luas lubang venture (cm3)





 
Gambar di samping secara grafik mengilustrasikan hubungan tersebut. Kurva-kurva mengindikasikan pembukaan katup gas, dengan kurva 100 prosen (paling kanan) menunjukkan rpm mesin dan hubungan kevakuman pada waktu katup gas membuka penuh. Seperti dapat dimengerti dari gambar, ketika katup gas tetap konstan dan rpm dinaikkan, kevakuman juga naik. Selain itu, ketika rpm tetap sama dan pembukaan katup gas  kecil, kevakuman akan  tinggi.
Fluktuasi/tinggi/rendahnya kevakuman dan kombinasi aksi pegas regulator menggerakkan rak pengontrol pompa injeksi ke posisi yang tepat sehingga dapat mengontrol volume penyemprotan bahan bakar.
Jadi kevakuman adalah penggerak utama saat governor bekerja.

venturi tambahan
Adakalanya mesin diesel mungkin tiba-tiba berputar terbalik, untuk mencegah ini, dipasangkan venturi tambahan. Ketika katup gas hampir tertutup penuh dan mesin berputar balik, saat itu akan menyebabkan intake menjadi exhaust akan ada penambahan tekanan positif dalam ruang vakum governor, saat adanya tekanan tersebut ditambah dengan gaya pegas utama sebesar (2-3 kg/cm2) menekan rak pengontrol ke arah menambah penyemprotan bahan bakar, hal in akan menyebabkan putaran mesin naik secara mendadak.

 
Bila hal ini terjadi maka sebenarnya tidak mungkin membawa rak pengontrol akan kembali kearah minimum dengan menarik tombol penyetop mesin.
Jika venturi tambahan seperti ditunjukkan dalam gambar dipasang-kan dalam saluran masuk/vacuum, maka tekanan positif tidak akan bertambah dalam governor dan akan memungkinkan mesin dimatikan dengan menarik tombol. 











Venturi tambahan akan selalu tetap bekerja untuk membangun kevakuman. Aliran udara searah saluran masuk/intake saat mesin bekerja normal atau bahkan aliran udara dalam arah sebaliknya akan tetap menghasilkan kevakuman absolut yang sama, oleh karena itu tidak akan ada kenaikan putaran melebihi putaran idel yang dihasilkan saat mesin berputar terbalik, meskipun putaran mesin terbalik kevakuman mesin akan tetap mengatur rak pengontrol pompa injeksi kearah pengurangan volume penyemprotan.

5 komentar

  1. admin begini saya ada mau menjawab soal tapi saya tidak, saya juga sudah cari2 tapi tidak dapat2 jga.

    bisa bantu ka. ini soalnya.
    1. Jika thermostat pada sistem pendinginan tidak berfungsi dapat menyebabkan mesin panas yang berlebihan, lakukanlah analisis kenapa hal ini dapat terjadi dan bagaimana cara melakukan pengujian pada thermostat?.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thermostat tidak berfungsi pada kondisi tertutup, menyebabkan sirkulasi coolant tidak berjalan, sehingga coolant tidak mengalir ke radiator untuk mendapatkan pendinginan.. hal tersebut menyebabkan panas berlebih pada mesin.
      Cara pengujian thermostat, rebus thermostat, klo sudah pada suhu sesuai spek thermo, katup akan terbuka.

      Hapus
    2. Untuk pengujian thermostat dengan cara merebus thermostat hingga mencapai suhu tertentu kemudian amati katup thermostat terbuka atau tidak..biasanya thermostat terbuka pada suhu 80-90°C....dan juga ukur seberapa lebar katup thermostat terbuka..sesuaikan dengan spesifikasi standar..

      Hapus
  2. Admin kemarin diesel saya gas..0.. kok bisa langsung berbalik putaranya..apakah tidak apa2??

    BalasHapus
  3. Admin kemarin diesel saya gas..0.. kok bisa langsung berbalik putaranya..apakah tidak apa2??

    BalasHapus

 
MusicBox by edie666

Total Tayangan Halaman

Popular Posts