Diberdayakan oleh Blogger.

Translate

TURBULENCE CHAMBER (kamar pusar)

Kamis, 17 November 2011


Desain ruang bakar kamar pusar ini berbentuk bola. Tujuannya saat piston bergerak melakukan  langkah kompresi, maka udara yang dikompresikan akan masuk keruang kamar pusar dan membentuk pusaran di dalamnya. Dengan cara demikian saat bahan bakar diinjeksikan kedalam kamar pusar, akan larut kedalam pusaran. Cara ini akan menghasilkan komposisi campuran yang homogen. Dari sejumlah bahan bakar yang diinjeksikan terdapat sebagian kecil yang telah menguap dikamar pusar, dan terbakar di dalamnya. Akibatnya tekanan didalam kamar pusar melonjak dan mendorong campuran yang lainnya masuk kedalam ruang pembakaran utama. Sehingga terjadilah proses pembakaran bahan bakar seluruhnya.
Ruang bakar kamar pusar mempunyai konstruksi yang mirip dengan ruang bakar kamar muka, yaitu mempunyai 2 bagian. Namun demikian bagian turbulen merupakan 80-90% dari volume sisa.
Dengan desain ruang bakar sepeti ini, maka udara yang ditekan pada langkah kompresi mengalami turbulensi, dan bergerak makin kencang seiring dengan kecepatan torak yang mendorong udara tersebut. Pada saat bahan bakar disemprotkan, turbulensi ini membantu proses pengkabutan bahan bakar dan pencampurannya dengan udara. Karena itu mesin dengan ruang bakar ini juga tidak memerlukan injektor dengan tekanan tinggi, umumnya antara 85-140 kg/cm2. Seperti juga ruang bakar kamar muka, mesin dengan ruang bakar ini juga memerlukan pemanas (glow plug). Adanya turbulensi mempersingkat periode pembakaran terkendali, sehingga ruang bakar ini sangat baik untuk motor diesel tekanan tinggi. Tekanan gas maksimum berkisar 60-70 g/cm2. Pemakaian bahan bakar spesifik pada jenis ruang bakar ini juga cukup irit.

Keuntungannya :
Ø  dapat menghasilkan putaran tinggi karena turbulensi yang sangat baik pada saat kompresi.
Ø  Gangguan nozzle berkurang karena menggunakan nozzle tipe pin.
Ø  Putaran mesin lebih tiggi dan operasiannya lembut.

Kerugiaanya :
Ø  Kontruksi dari kepala silinder rumit.
Ø  Pemakaian bahan bakar lebih boros dibandingkan dengan tipe ruang bakar langsung.
Ø  Penggunaan alat pemanas tidak begitu efektif.
Ø  Detonasi lebih besar pada kecepatan rendah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
MusicBox by edie666

Total Tayangan Halaman

Popular Posts