Diberdayakan oleh Blogger.

Translate

Ruang Bakar Diesel DIRECT ENGINE

Kamis, 17 November 2011


 


Direct engine hanya menggunakan ruang pembakaran utama di atas piston. Bahan bakar diinjeksikan langsung ke ruang pembakaran utama di atas piston. Motor Diesel ini mempunyai perbandingan kompresi yang lebih tinggi dibandingkan dengan motor Diesel indirect. Selain itu, bentuk kabutan bahan bakarnya memerlukan tekanan yang lebih tinggi, untuk mendapatkan kabutan yang lebih halus. Untuk itu motor Diesel Direct Injection menggunakan nozzle jenis multi orifice. Pusaran udara diperoleh pada motor Diesel ini menghandalkan jenis pusaran gilasan. 
Proses terjadinya pusaran gilasan, yaitu saat piston bergerak menuju ke TMA maka bagian tepi silinder udara udaranya akan digilas oleh piston. Proses ini akan menghasilkan gerakan udara dari tepi ketengah ruangan. Pusaran yang terjadi akan membantu penyebaran bahan bakar yang diinjeksikan langsung ke dalam ruang bakar.
Turbulensi pada ruang bakar motor Diesel sangat penting, berfungsi untuk membantu terjadinya campuran udara dan bahan bakar yang homogen. Hal ini mengingat campuran homogen tersebut harus tersedia dalam waktu yang sangat singkat.  Seperti telah dijelaskan, bahan bakar diinjeksikan pada akhir langkah kompresi yaitu sekitar 180 sebelum TMA. Sebelum TMA bahan bakar harus dapat bercampur dengan udara untuk memulai proses pembakaran. Sehingga turbulaensi atau pusaran sangat membantu proses penyebaran bahan bakar keseluruh ruang pembakaran.

Keuntungannya : 
  • Efisiensi panas lebih tinggi, pemakaian bahan bakar yang lebih hemat karena bentuk ruang yang sederhana.
  • Start dapat dilakukan lebih mudah pada waktu mesin dingin tanpa menggunakan alat pemanas (glow plug).
  •  Cocok untuk mesin-mesin besar (high power), karena kontruksi dari kepala silinder sederhana.

Kerugiannya : 
  • Sangat peka terhadap kwalitas bahan bakar dan membutuhkan kwalitas bahan bakar yang baik.
  • Membutuhkan tekanan injeksi yang lebih tinggi.
  • Sering terjadi gangguan nozzle. 
  • Dibandingkan dengan jenis ruang bakar tambahan turbulensi lebih lemah, jadi sukar untuk kecepatan tinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
MusicBox by edie666

Total Tayangan Halaman

Popular Posts